Monday, December 21, 2009

Year Trading Review dan Adaptasi Trading Style

Jika tahun 2008 kemarin style trading medium term menggunakan band atas dan bawah Bollinger Band menyelamatkan saya dari wipe-out di stock market, bahkan bisa untung sedikit, tahun ini style yang sama berakibat banyak loss opportunity yang seharusnya bisa didapat.  INDF dan BBCA adalah dua penyesalan terbesar dimana saya ambil di BB bawah, lalu jual di BB atas, memang untung besar, tapi jika ditahan...  (silakan cek sendiri chartnya)  Namun kalau BUMI, ANTM, LPKR, BLTA tidak dibegitukan dari awal, saya pasti sudah habis sekarang.  Memang manusia tidak ada puas-puasnya...

Saya banyak perhatikan saham tambang, perbankan, BG7 untuk kesempatan tradingnya, dan second/third liner namun beberapa sektor yang tidak pernah saya lirik malah menghasilkan gain lumayan.  Tahun depan, selama MA masih bentuknya begini (20 di atas 50), maka style akan saya rubah (kembali) ke MA-following.

Namun memang, tidak ada yang bisa menebak arah pasar.  Ini salah, itupun salah.  MA following berbahaya kalau pasar sedang sideways atau turun, dan saham-sahamnya pun berbeda. (lihat kasus2 di atas)

Di Indonesia ini banyak sekali "pengalih perhatian"/diversion dari trading template yang sudah dibuat.

Di bulan November dan awal Desember 2009 kemarin ada dua kali perpotongan garis MA, yang membuat saya menjadi ragu, apakah mau mulai sideways lagi, tapi di satu-dua minggu ini pasar tampaknya masih menuju ke atas.

OK, ini trading template tahun depan (asumsi market tidak neko2 amat):

Tidak menyentuh BG7 lagi. (high risk)

Minimalisi menyentuh second/third liner, dan saham perusahaan rugi. (bye2 LPKR, BLTA, FREN)

Ini selusin saham jagoan saya (per sektor):
CPO:  AALI, SGRO.
Astra:  ASII.
Bank:  BBRI, BBTN (I know, baru IPO), SDRA*.
Consumer:  INDF. (volume sudah tidak mendukung, tunggu koreksi)
Komunikasi:  TLKM. (hati2 sideways)
Infrastruktur:  PGAS.
Semen:  SMGR, INTP.
Tambang:  PTBA, ADRO, ANTM*, TINS*, MEDC*, INCO*.

Note: *perlu konfirmasi

Perhatikan MA-nya, terutama yang hijau (MA 50).  Yang dicari adalah yang bentuknya seperti ini:
Chart for Astra Agro Lestari Tbk (AALI.JK)

Chart for Adaro Energy Tbk. (ADRO.JK)

Yang ini perlu konfirmasi lagi:
Chart for Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM.JK)

Chart for Medco Energi International Tbk (MEDC.JK)

Sedikit lagi bisa menjadi bagus gambarnya, baru saya akan masuk.

Yang begini jangan lagi:
Chart for Bumi Resources Tbk (BUMI.JK)

Chart for Lippo Karawaci Tbk (LPKR.JK)

Penutup, semua tulisan di atas adalah hasil pengamatan saya sendiri, tapi hasil akhir tetap di tangan masing-masing trader.  Semua di atas bukan merupakan rekomendasi karena saya tidak bisa mempost cara saya memanage posisi.

Thanks for reading.

No comments: