Saturday, November 15, 2008

Cukupkah Elevatornya?

Aku baru saja serah terima kunci Apartemen City Park.  Baru inspeksi ke unit, ternyata elevatornya cuma ada dua!  Satu buat penumpang kapasitas 1000 kg (10 orang) sama satu buat barang kapasitas 1600 kg (16 orang).  Apartemen itu satu tower ada 12 lantai.  Unitku di lantai paling atas.  Ada 25-an unit satu lantainya, berarti ada sekitar 300 unit di tower itu.  Taruhlah 250 unit.  Ratio elevator seharusnya 1 : 90.  Jadi, idealnya ada 3 elevator di situ, plus satu service elevator.  Ini cuma setengahnya.

Aku khawatir...

Emang sih, ini rusunami, tapi waktu beli, aku kira elevatornya ada empat.  Aku lihat di gambar denahnya.  Nah, makanya walaupun beli yang awal-awal, aku pilih unit yang paling atas, hampir pojok, karena alasan view, nggak ada debu, lebih tenang, nggak bakalan bocor, dan privacy.  Kalau tahu begini, mungkin aku malah prefer yang di lantai dua sekalian, jadi tidak usah pakai elevator, cuman bakalan agak berisik.

Belum lagi kalau elevator-nya rusak.  Wah, runyam!

Elevatornya dari China gitu.  Dari pengalaman sih, bisa-bisa setelah dua tahun banyak merongrong.  Tampaknya setelah dua tahun dan apartemen ini ramai, aku harus segera cabut nih, over kredit, ciao!  Soalnya, bisa nggak tahan nunggu itu elevator lama-lama.

Tapi kalau masih sepi sih... OK OK aja.  Aku mungkin akan moving in benar-benar mulai tahun depan (2009), walaupun sudah serah terima kunci hari ini.  Targetku 2011 uda dapat rumah jadi apartemen ini bisa aku jual lagi.

No comments: